Arsitektur Web dan Aplikasi Utama


APA YANG DIMAKSUD DENGAN ARSITEKTUR ?

Tidak ada definisi yang unik menyangkut istilah arsitektur karena Anda dapat menemukan lebih dari 20 varian istilah arsitektur pada homepage Software Engineering Institute (SEI) dari Carnegie-Melon University. Alih-alih memberi tambahan istilah arsitektur,  bagian berikut menguraikan sifat-sifat yang paling penting dari arsitektur perangkat lunak :

      1.    Arsitektur menggambarkan struktur.
      2.    Arsitektur membentuk transisi dari analisis ke implementasi.
      3.    Arsitektur dapat dilihaty dari sudut pandang yang berbeda.
      4.    Arsitektur membuat suatu sistem yang dapat dimengerti.
      5.    Arsitektur menyajikan kerangka sistem yang fleksibel.

ARSITEKTUR WEB

Arsitektur Web adalah suatu metode perencanaan dan dalam merancang situs web yang melibatkan teknis, estetika, dan fungsionalitas. Arsitektur web merupakan struktur rancangan (desain) web agar dapat tersusun suatu informasi yang tepat (terorganisasi) dan mudah ditemukan isinya.

Dimana struktur rancangan harus memenuhi beberapa aspek antaralain form, fungsi, navigasi, interface, visual, dan maksud informasi itu sendiri yang akan dibangun dalam sebuah web.

Sejak web perencanaan berisi desain dan manajemen datang dalam lingkup metode desain, Vitruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan dapat memandu arsitektur situs yang mana seperti yang mereka lakukan terhadap arsitektur fisik dan disiplin desain lainnya. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur informasi.

Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk pengetahuan yang telah dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan postmodernisme. Web 2.0, karena melibatkan user-generated content, mengarahkan perhatian arsitek website untuk aspek-aspek struktur informasi.

Ada tiga standar utama untuk penerapan Web Service, Standar-standar ini mendukung pertukaran data berbasis XML. Tiga standar tersebut meliputi :

      1.      SOAP (Simple Object Access Protocol) adalah Suatu bahasa versi bebas dari      protokol RPC (Remote Procedure Caoll) yang berguna untuk proses transaksi melalui HTTP standar.
     2.      WSDL (Web Services Description Language) adalah bahasa yang memungkinkan berbagai dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.
     3.      UDDI (Universal Description Discovery and Integration) adalah semacam direktori global untuk mengelola web services.


APLIKASI UTAMA MENGENAI WEB

     1.    HTTP

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) digunakan untuk mentransfer dokumen halaman web ke client. Protokol HTTP ini juga dapat ditingkatkan menggunakan enkripsi sehingga menjadi HTTPS yang memungkinkan halaman website dipakai untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan keamanan lebih tinggi, seperti e-commerce ataupun online banking.

HTTP adalah salah satu protocol komunikasi yang memungkinkan adannya transfer informasi ke internet. Fungsinya untuk menetapkan bagaimana pesan (data) diformat dan ditransmisikan serta tindakan apa dari web server dan browser untuk merespon berbagai perintah.

     2.    HTML

HTML adalah bahasa yang wajib dipahami jika anda ingin bisa membuat website. Ini karena bahasa HTML adalah bahasa pokok untuk membuat website. HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Languange. HTML berisi instruksi kepada web browser untuk menampilkan suatu grafis dari suatu website.

Bahasa HTML dapat dikenali dengan adanya tag yang diampit oleh karakter < dan >, sehingga dappat ditampilkan ke layar browser.

HTML merupakan bahasa y ang cross platform sehingga dapat digunakan pada berbagai platform yang berbeda dengan tampilan yang sama.

     3.    Web Server

Web pada umumnya diimplementasikan dalam bentuk client server. Bentuk client server ini wajib hukumnya untuk website dinamis yang menggunakan kode server side, karena software parser untuk kode-kode server side ini diletakkan di server.

Server untuk web ini sering disebut webserver. Jadi webserver adalah tempat diletakkannya file-file web. Kata webserver sendiri dapat mengacu pada 2 hal yang sebenarnya sama, Cuma ruang lingkupnya yang berbeda :
a.    Program komputer yang bertanggung jawab untuk menerima perimntaan HTTP dari client (browser) dan kemudian meresponnya dengan respon HTTP dengan disertai konten lainnya, misalnya dokumen HTML dan objek
yang berkaitan seperti gambar, video, dan file script lainnya.

b.    Komputer yang menjalankan program server seperti arti nomor 1. Jadi pengertian nomor 2 ini lebih luas dan mengacu kepada keseluruhan komputer dan bukan hanya program di dalamnya saja. Arti webserver kedua ini mencakupi sistem operasi, program aplikasi dan hardware.

Contohnya, saat kita login ke dalam suatu situs web maka kita akan memasukkan username dan password kedalam textbox, jika sudah maka kedua data tersebut akan dikirim dari browser lalu akan diterima oleh web server. Setelah diterima web server akan mencocokan data denga database yang dimilikinya, jika cocok web server akan mengirimkan halaman web yang menyatakan bahwa login berhasil, jika tidak web server akan mengirimkan halaman yang menandakan login gagal.

Macam – macam Web Server diantanya:
                a.    Apache Web Server – The HTTP Web Server
                b.    Apache Tomcat
                c.     Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
                d.    Lighttpd
                e.    Sun Java System Web Server
                f.      Xitami Web Server
                g.    Zeus Web Server

     4.      WWW (World Wide Web)

WWW merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyajikan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.

     5.      URL (Universal Resource Locator)

URL merupakan suatu konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, komputer, dan lokasi lokasi komputernya sesuai dengan metode yang digunakan. URL tidak hanya dapat menunjukan ke suatu file tapi dapat juga menunjuk suatu query, dokumen dalam suatu database atau hasil dari perintah finger atau perintah archie.

     6.      XML (Ekstensible Markup Languange)
     
     XML merupakan bahasa web turunan dari SGML (Standart Generalized Markup Languange) yang ada sebelumnya. XML hampir sama dengan HTML, dimana keduanya sama-sama turunan dari SGML.

     7.      JavaScript

     JavaScript adalah bahasa pemograman berbasis prototype yang berjalan disisi client. Jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemograman yang berjalan di browser. JavaScript dipanggil untuk memberikan fungsi pada halaman web dengan meletakannya secara internal pada halaman html diantara tagb atau dibuat file terpisah (eksternal).

     8.      AJAX

AJAX disini adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. AJAX merupakan gabungan beberapa teknologi yang bertujuan untuk menghindari page reload.



SUMBER :
Simamarta,Janner.2010.Rekayasa Web.Yogyakarta : Andi Yogyakarta

Tim EMS.2012. Web Programming for Beginners.Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Komentar

Postingan Populer